London – “Halo Wembley……….” Begitu teriakan ketika berada di dalam stadion terbesar di Inggris tersebut.

Wembley adalah salah satu stadion bersejarah di Inggris. Di sanalah Timnas Inggris menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya dan masih jadi satu-satunya trofi internasional mereka sampai saat ini.

Tiga pemain Alf Ramsey, Bobby Moore, dan Bobby Charlton jadi bintang untuk The Three Lions saat itu. Maka itu jika berkunjung ke Wembley, Anda akan melihat Patung Bobby Moore berada di pintu utama stadion.

Posisi kapten saat Inggris menjuarai Piala Dunia tahun 1966 makin menambah kebintangan Moore.

Atas undangan Air Asia selaku sponsor klub Inggris, Queens Park Rangers, detikSport berkesempatan menengok stadion yang pada awal 2000-an dipugar dan kembali dibuka pada tahun 2007 dengan kapasitas 90 ribu tempat duduk itu.

Dengan membayar sekitar 20 poundsterling per orang, kita bisa melihat keindahan Wembley secara langsung. Tak hanya stadion untuk tempat pertandingan sepakbola, Wembley juga bisa dijadikan tempat olah tubuh lain seperti rugby atau American Football.

Bahkan konser-konser musisi papan atas dunia pun sering digelar di sana. Dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki, mereka bisa menutup lapangan Wembley dengan cepat.

Para peserta tur pun langsung dibawa turun ke basement untuk menengok ruang ganti tim tamu yang biasa bertanding di sana. Ada beberapa jersey yang tergantung di sana seperti The Catalans yang memenangi final Liga Champions 2011 di stadion tersebut.

Foto: detikSport/Mohammad Resha Pratama

Sementara ada juga tergantung dua jersey eks pemain The Three Lions yakni Steven Gerrard dan Frank Lampard. Pindah ke sebelahnya ada ruang ganti timnas Inggris yang berisikan jersey para pemainnya.

Setelah itu rombongan dibawa ke tunnel terakhir tempat para pemain sebelum memasuki lapangan. Para pengunjung pun dibuat seakan mereka adalah pemain saat ke luar lapangan.

Tak cuma itu, ada juga upacara menaiki 107 anak tangga Wembley yang biasa dilakukan setiap tim saat penyerahan trofi juara. Di sini kita bisa bertofo dengan replika trofi Piala FA seakan-akan kita baru saja memenanginya. Tentu saja jika Anda mau mengambilnya maka harus membayar sekitar 10 pound atau sekitar Rp 170 ribu.

Wembley saat selesai dibangun menghabiskan dana sekitar 757 juta poundsterling dengan memegang tiga rekor dunia atas tiang terpanjang yang melintang di atas stadion yakni 315 meter dan juga toilet terbanyak di sebuah bangunan, yakni 2.618 toilet.

Oiya, ketika Anda ada di Wembley, pemandu bakal meminta Anda berteriak sekencang mungkin untuk mendengarkan pantulan suara Anda.

“Halo Wembley,” begitu teriak kami sekencang-kencangnya.

Selesai sudah satu jam kami mengelilingi Wembley dan di akhir tur Anda bisa mengunjungi Wembley Shop untuk sekadar membeli cinderamata atau jersey replika Timnas Inggris yang mencapai harga 60 pound atau nyaris Rp 1 juta.

“Wah stadionnya besar sekali ya, asyik juga bisa ke sini,” tutur Hamsa Medari Lestaluhu, salah satu anak Indonesia yang ikut Coaching Clinic Air Asia-QPR kepada detikSport.

(mrp/mfi)


NO COMMENTS