Munich – Belakangan ini fanssepakbola di Jerman melakukan serangkaian tindakan buruk. Hal itu disoroti oleh bek tengah Bayern Munich dan timnas Jerman, Mats Hummels.

Dalam satu bulan terakhir fans-fans sepakbola di Jerman menunjukan kebrutalannya. Pada akhir pekan pertama di bulan Februari, fans Dortmund melancarkan serangan jelang beberapa jam sebelum laga menjamu RB Leipzig.

Di pekan terakhir bulan Februari, tindakan tidak terpuji kembali terjadi. Kali ini pelatih Bayern, Carlo Ancelotti, yang jadi korbannya. Pria asal Italia itu diludahi oleh fans Herta Berlin dalam laga yang berakhir 1-1.

[Baca Juga: Ketika Ancelotti Acungkan Jari Tengah pada Seorang Suporter Hertha]

“Tampaknya ada tendensi meningkatnya kekerasan dan penghinaan terhadap pemain,” kata Hummels kepada Sport Bild.

“Fans kelihatannya selalu melampiaskan rasa frustasi dan kemarahan mereka kepada pemain dan pelatih. Hal inilah yang membuat mereka melakukan penghinaan dan bahkan meludahi pelatih,” sambungnya.

“Penghinaan pemain dan meludah ke pelatih adalah tindakan yang salah. Anda tidak bisa keluar dan berjalan di sekitar kota dengan meludahi atau menghina orang-orang.”

“Secara umum, cara fans memperlakukan pemain telah jauh lebih buruk dalam sembilan atau sepuluh musim terakhir. Tapi kita juga harus berurusan dengan itu pada akhirnya,” keluh pemain 28 tahun itu.

(rin/mfi)


NO COMMENTS